Inspirasi dari Film Tao Kae Noi

Tao Kae Noi, yang ternyata adalah bahasa Thailand, yang kurang lebih artinya adalah “Pengusaha Muda”. Dan memang film ini merupakan kisah nyata dari pemilik usaha rumput laut Tao Kae Noi tersebut, Aithipat Kulapongvanich. Gak percaya..?? lihat aja di websitenya Tao Kae Noi.

Film ini sangat banyak menginspirasi karena memang tidak banyak film yang mengisahkan bagaimana orang bersusah payah berjuang dari nol menuju sukses, bisa disebut Film ini memang Film nya para entrepreneur sejati.

Ada beberapa catatan yang mungkin bisa saya share dari film yang mengisahkan tentang seorang pemuda beruisa 19 tahun bernama Aithipat Kulapongvanich atau yang biasa dipanggil Top. Yaitu :

1.    FOCUS
Ittipat atau yang biasa dipanggil Top, mempunyai hobby bermain game online. Dari hobinya ini ia berhasil mengumpulkan uang yang sangat besar hingga ia dapat membeli sebuah mobil untuk dirinya sendiri. Namun karena hobinya itu pula, maka ia tidak fokus dengan pendidikannya. Ditolak di Universitas Negeri dan bahkan di Drop Out dari universitas tempat ia kuliah.

Dalam bisnis pun begitu, kita harus focus. Karena dengan focus kita akan lebih maksimal.coba lihat sinar matahari,apa bisa membakar secarik kertas..? tapi bagaimana jika kita gunakan kaca pembesar sebagai alat Focus nya, apa yang terjadi dengan kertas tersebut..?? pasti terbakar kan..?? itulah FOCUS

2.    PASSION
Top membuktikan bahwa passion yang dapat membawanya kea rah kesuksesan. Ketika semua orang menyuruhnya untuk fokus belajar, namun karena passion nya dia ada di dunia game dan berjualan, maka ia tetap melakukan apa yang ia sukai.

Berbisnislah sesuai dengan PASSION yang ada pada diri kita.

3.    PANTANG MENYERAH
tercatat beberapa kali Top mengalami kegagalan dan penipuan, namun ia tidak menyerah dan terus berusaha. Dan Suatu ketika ia berada didalam mobil bersama ayahnya dan baru saja ditipu oleh seseorang, ayahnya berkata ” Berjualan itu tidak semudah bermain game. Welcome to the real world” . Dan ternyata kegagalan itu semua ternyata membuat Ia menjadi pribadi yang tidak mudah menyerah dan selalu mencoba sampai akhirnya meraih impiannya.

Dalam Bisnis, Gagal , jatuh itu biasa, jangan cengeng….jadikan itu semua sebagai obat dan vitamin agar terus maju. Ingat, “orang yang hebat bukanlah orang yang tidak pernah gagal, tapi orang yang hebat adalah orang selalu bangkit dari kegagalan”

4.    BERANI
Tidak banyak orang yang memiliki mental seberani Top. Hutang kepada pihak bank untuk memulai usaha, berani mengambil keputusan untuk membeli mesin-mesin yang harganya mahal. Keberanian ini merupakan salah satu kunci terbesar dalam meraih kesuksesan.
Tapi bukan berarti saya menganjurkan untuk Berhutang di Bank lho…..Bahkan Semerbakcoffee pun tidak memiliki utang sama sekali di Bank.

Berani ini maksudnya adalah Berani untuk Cepat mengambil keputusan, Berani untuk Action, Berani untuk Bertindak, Berani untuk Sukses dan Berani juga untuk Gagal. Setuju..??

5.    PENGORBANAN
Setidaknya ada 3 hal yang dikorbankan oleh Top untuk mencapai kesuksesan, yaitu Sekolah, Cinta, dan Keluarga. Ia harus keluar dari sekolah untuk membantuk pamannya berjualan kacang yang mulai digemari konsumen. Ia harus bertengkar dan akhirnya putus dengan pacarnya setelah pacarnya tidak menyetujui keinginan Top untuk keluar dari sekolah. Dan ia harus berpisah dengan kedua orang tuanya yang pindah ke China untuk menjadikan impiannya menjadi nyata.

Di Bisnis pun sama, banyak pengorbanan yang terkadang memang harus kita pertaruhkan.apalagi untuk yang masih merasa nyaman berada di “Comfortable Zone”. Kesuksesan itu memang butuh Pengorbanan….

6.    TEKUN
Dalam film ini sangat terlihat bagaimana ketekunannya dalam membuka usaha. Tidak malu untuk bertanya, melakukan observasi di lapangan, bahkan demi mencapai impiannya Ia rela untuk mengangkat karung, mengecat plafon. Ketekunannya untuk mengejar mimpi sangatlah luar biasa

 

7.    THINK LESS DO MORE
Ada sebuah adegan dan percapakan yang sangat membuat bulu roma saya merinding. Saat Top memeluk Pamannya dan berkata ” Aku telah mengerahkan semuanya, jika kali ini gagal, aku akan berhenti. Dan aku akan berhenti menjadi orang yang keras kepala ” , tapi apa yang dikatakan pamannya..??  ” Tidak apa-apa. Justru jika kamu terlalu banyak berfikir, kamu tidak akan mencapai seperti saat ini “

Artinya, Jika kita terlalu banyak pertimbangan dan berpikir serta hitung-hitungan, sudah pasti kita tidak akan pernah ACTION untuk berbisnis.

8.    PARTNER
Tidak bisa dipungkiri bahwa peran Paman Top sangatlah besar dalam film ini. Ia lah yang membantu Top mulai dari awal ia berjualan kacang hingga Top sukses menjalankan bisnis snack rumput lautnya. Ia selalu sedia untuk melakukan apa yang diinginkan oleh Top. Ia berteriak-teriak didalam Mall untuk menjajakan kacang yang dijual Top, ia mencoba berkardus-kardus rumput laut untuk menemukan resep membuat snack rumput laut hingga ia jatuh pingsan dan masuk rumah sakit, ia menjadi tempat Top berkeluh kesah saat percintannya gagal, ia menjadi seseorang yang sangat berharga bagi Top. Dan saya yakin, tanpa Pamannya, Top tidak akan menjadi seperti yang saat ini.

Dalam Bisnis kita juga pasti butuh Partner, yang bisa saling mengisi. Sehingga Kesuksesan itu bisa kita raih bersama-sama.

9.    SELALU BELAJAR DAN PRAKTEK
Pada film ini ada beberapa adegan dimana Top bertanya kepada orang lain mengenai barang yang akan dijualnya. Selain itu ia juga mencatat berbagai macam hal yang ia pikir bisa menunjang usahanya. Top memang lebih suka mempelajari sesuatu yang langsung bisa dipraktekkan dibandingkan mendengarkan teori yang disampaikan dosen didalam kelas.

Artinya, Dalam bisnis gak ada artinya kita punya banyak ilmu Teori tanpa pernah mempraktekan. Justru yang penting itu adalah PRAKTEK / ACTION. Karena banyak hal yang tidak kita temukan dalam bangku sekolah / kuliah disana.

10.    KOLABORASI
Salah satu kunci sukses Top adalah keberhasilannya meminta masukan dari seorang profesor di sebuah Universitas di Thailand untuk mengatasi snack yang mudah kadaluarsa. Dari profesor itulah Top mengetahui bahwa oksigen lah yang membuat snack nya kadaluarsa, sehingga oksigen harus dibuang dan diganti dengan nitrogen untuk memperpanjang daya tahan snack yang dibuatnya. Dari hal ini maka kita bisa mengetahui bahwa kolaborasi antara Pengusaha dan Universitas itu sangat penting, karena Universitas bisa menyelesaikan berbagai macam persoalan yang dimiliki oleh pengusaha, tentu saja karena mereka yang menguasai keilmuan.

Artinya dalam bisnis kita memang tidak bisa sendiri. Kita butuh sinergi, kerja sama dan kolaburasi dengan pihak lain yang sejalan dengan visi dan misi bisnis kita.

11.    JUJUR
Ada sebuah adegan dimana Top mencoba untuk menyuap seorang penjaga mall, dan penjaga mall itu berkata pada Ibu Top yang berada di samping Top ” Anda Ibunya kan ? Tolong disiplinkan anak anda ” . Dan Top belajar dari hal ini, pada sebuah adegan  di akhir cerita, paman Top memberi Top seamplop uang untuk menyuap 2 orang yang melakukan penilaian terhadap kelayakan pabrik milik Top, namun Top tidak melakukannya dan berkata “ Aku tidak mau ada orang lain lagi yang menyalahkan orang tuaku “

Artinya, Jadilah Pengusaha yang Jujur dan contoh yang baik bagi karyawan kita.  jalanlah pada rel yang sudah di tentukan. Agar semua yang kita dapatkan menjadi berkah untuk keluarga dan orang-orang di sekitar kita.

12.    PERCAYA PASTI BISA
Dibalik semuanya, Top sangatlah percaya bahwa apa yang Ia lakukan ini bukanlah hal yang sia-sia belaka. Ia banyak mengalami kegagalan dan kerugian, namun ia juga berkata bahwa ia percaya suatu saat semuanya akan terlunaskan. Ia tidak peduli dengan nasehat maupun cemoohan dari orang lain, ia tetap fokus dan percaya dengan apa yang ia ingin lakukan. Ternyata itu berhasil! Dan Seperti kata sang Guru,”Jika kita memiliki pikiran Sukses maka Sukseslah yang akanterjadi”

Artinya Jangan pernah menyerah sebelum mencoba. Karena semua mimpi kita pasti akan bisa kita wujudkan asal kita mau berbuat sesuatu dan berusaha untuk mewujudkannya.

Ada yang gak percaya kalau ini adalah Benar-benar True story..??? kunjungin aja web nya Tao Kae Noi.

sumber1

sumber2

2 Responses to “Inspirasi dari Film Tao Kae Noi”

  • imam:

    mantapp filemnya, baru kmaren saya nonton. Bikin motivasi bisnis jd terbakar nih..
    Tulisan Anda juga bagus Bung, terutama dalam penyampaiannya. Ditunggu tulisan berikutnya.
    Salam sukses bung.

    • admin:

      Iya, Saya Juga sudah Nonton Filmnya, Memang Harus Memotivasi Kita untuk Bisa mandiri,

      Ini Bukan Tulisan Saya, sudah saya sertakan Sumbernya juga, saya hanya sedang memotivasi diri sendiri, tetapi saya senang apabila oranglain terinspirasi juga…

      Saama2, Semoga Sukses Pula untuk Anda …

      Terimakasih Sudah berkunjung :)

Leave a Reply

Categories
Archives